Lost and Found Lampung

“mbak! aku ditelfon pakE, kita jadi wakil kantor ke kenduri di Lampung

supirnya kang Asep

uangnya di-reimburs katanya”

 

trus nginepnya gimana?

kok di-reimburs gimana?”

 

“jadi, pake uang kita dulu (bensin, penginapan, budget 300ribu-an) dan kita sama sekali ga dititipin uang”

 

mosok ga dibawain kantor???

PakE bilang difasilitasi kantor”

 

“ga tau nih”

 

ihhh.. nggak mau aku mahh

telfon pakE aja.. titipin uang ke satpam atau ke supir.

tadi mah bilangnya dari kantor”

 

“Aku telfon pakE..”

pakE mau tanggung jawab heheh nanti aku kasih rinciannya, pakE mau transfer ke rekening aku (niatnya)”

 

“harus ada uang SPPD juga ya, Ngie”

 

“di kantor udah ga ada orang

anehnya pakE disini nihhh

ya udah, aku searching dulu (hotel, waktu perjalanan, uang makan, semua persiapan kita aku koordinasi ya, mbak…)

biar klaimnya bisa”

 

setengah 6, magrib, gue ditelfon (dalem hati, memang saya butuh piknik, heu..) padahal agak seru siyy. terakhir ke Lampung SMA, tahun 1997, sekarang 2016, hooo sembilan-belas tahun yang lalu?? semoga sudah seperti layaknya kota. Dulu gue mirip ‘bolang’ ke sono. Riset sama orang PPK juga hahah~ ‘nasib gue. ketemu orang LIPI, jadi orang LIPI beneran’. bingung nih, mau bikin paper riset, malah disuruh piknik. Uang gue terbatas buat 11 Januari 2017. ckckckck. ‘cobaan, cobaan’

Coba yaa,

kira-kira gue berani ngambil resiko apa enggak?

  1. tugas paper, datelinenya rabu (19 oktober), ke Lampung (16 oktober), ppt (15 oktober, kelar). uang TUKIN belum turun (hiks). dijanjiin serius atau di-PHP-in nih gue ke Lampung?
  2. Jadi Turis Ransel lahh, se-tahun ini belum jadi piknik-kan? (kemaren, rencana Rity ke Singapur 19-21 oktober, gue bilang batal :p urusannya mau nabung, kan?

gue berani aahhh piknik ke Lampung

bismillah

Keep your motivation on track

Silaturahmi ke keluarganya Mutia, jadi!

Cari info budaya Sumatra, nyampe ke Selatan Sumatra juga penting, liat isunya, jadi!

Hunting fotonya, jadi!

Setelah dimotivasi fasilitas kantor, Gue maunya ngajak orang-orang yang mau ke Lampung se-isi mobil

Balik dehh gue

urusan paper gue lupain. padahal jam 5an gue baru keluar kantor. magriban di kantor nih gue balik lagi.

 

19:07, “Angie.. cariin gantinya aku ya kalo ternyata aku nggak bisa berangkat”

 

“hiks

iya mbak

aku lagi ke kantor lagi nihh”

 

19:12, “barusan Salma bilang hari sabtu (15 oktober) ada jadwal konseling psikologi di GO Buah Batu. mudah mudahan bisa pergi insyaallah”

Coba tanyain Mutia hotel yang deket dari tempat dia dimana?

owh, mas Andrian bisa ikut nggak tuh perwakilan PSIT”

 

“Mbak.. aku hanya berharap Salma konseling pagi.

aku berangkat se-selesainya mbak nihh

aku survey hotel dan perjalanan”

 

“ok. hotelnya yang enak angie.

Berapa jam sih?”

 

“Okay.

aku nunggu mbak konseling aja nih.

Soalnya Dina aku ajakin juga, yang mau ke Lampung kan judulnya.

se-mobil isinya orang BIT aja”

 

“Dina ada acara keluarga.

bu Rina pergi sama pakE”

 

“hoo

ya udah lah mbak

KITA yakin berangkat aja”

“insyaAllah”

 

[21:29] “mbak”

 

[23:13] “sori habis minum obat langsung tidur..

Ngie.. katanya sampe jam 9 jam ya”

 

“mbak, akhirnya aku mikir nihh”

 

“Tadi Dina sudah hubungin saya.. katanya naik pesawat ya?

syukur deh”

 

[23:30] “Berangkat sabtu harus pagi (naik mobil) karena perjalanan ke Merak bisa sampe 9 jam dari Bandung, belum nunggu ferinya.

Aku jam 21-an telfon-telfonan sama pakE.

 

minggu ga ada penerbangan pagi. paling pagi jam 10:20”

(acara Mutia jam 8 pagi)

 

“Ada tuh di Traveloka”

 

“naik pesawat jadinya buat aku karena traveloka”

 

“Angie sendiri?”

 

“Berani kan?”

 

“Berani mbak”

 

“Ok. alhamdulillah

 

duhhh aku beneran jadi berangkat sendiri.

mbak tinggal fokus sama Salma”

 

“Oke.. nuhun say

 

“semoga aku baik-baik saja berangkat dan pulangnya”

 

“aamiin.. sehat juga yaa”

 

“Aamiin. aku balik senin”

 

“Oke, ti-ti-di-je

 

“Sip”

 

Jadilah gue turis ransel ke Lampung. Kota lama dengan sejumlah transmigran yang berhasil. Beberapa tahun lalu, sepupu gue nikah sama perempuan Lampung. Gue agak kaget dengan kemakmuran Lampung. Mereka punya taksi aplikasi juga lho. selameeet!! gue ga pusing mikirin transportasi.

Lokasinya Mutia 24 kilo dari Bandara. gue dapetnya penginapan 28 kilo dari Bandara. ckckck.. dua hari dua malem gue di Lampung. Mana gue belum ditransfer lagi. yaa sudah yakin dan berani, ga usah mikirin “aneh aneh deh”.. wisata bahari, gie! cukup bayangin itu saja hohoh.

2012, gue pernah ke pesisir juga, sendiri. temen-temen lain dari pusat penelitian bukan satker gue survive? yaaa, tegang tegang gimana gitu siyy. masalahnya, nih supir taksi Bandara sekali jalan 100ribu. Gue kan mikir minta jalan-jalan 2 hari :p besok acara akad jam 8, misal gue 4 jam di rumah Mutia, trus gue nginep di Mutia? uhmmm gue kan tamu, jadi utusan kantor juga.

waktu gue ngasih kado hari jumat sebelum Mutia cuti, Mutia minta gue dateng keacaranya. Agak sedih juga siyy (sejarah orang-orang kantor gue yang ga simpati sama orang Sumatra, ehh Lala di Malang juga ga ada yang dateng tuhh)

Sesampainya di Lampung,

bandaranya ‘disesuaikan’ sama AngkasaPura hahaha gue nemu bangunan Raden Inten masih under-construction.

Ngeprint tiket balik ke Bandung, gue salah masuk counter. Gue pe-de-ka-te-in aja nih ‘Ayuk’ hape gue tinggal 1%, urusannya gue ga bisa searching taksi, ke hotel gue telat check-in gpp lahh, hujan deras nihh

Kepala gue agak pusing nih, karena belum makan siang atau naik pesawat kecil ya? Pake baling-baling soalnya. Untung ga turbulens :p alhamdulillah saat mau berangkat, langit Bandung cerah seketika, di Lampung juga nungguin gue landing. Trus gue ditungguin dapet taksi bandara buat ke Hotel, tuh hujan baru turun lagi.

saat check-in, gue langsung mandi dan istirahat. Ashar ashar gue tidur, bangun bangun magrib. Gue baru keluar cari makan. Ada tukang nasi uduk. Gue curiga nihh sama supir taksi bandara, “Inna 8” jangan-jangan banyak ‘inna inna Tiongkok’ di tempat gue nginep. Makanan nih yang gue takut kecampuran. Udah ahh pilihan nasi uduk udah paling bener.

Selesai makan, gue ke supermarket, sabun muka gue ketinggalan heheh. gue nemu supermarket Chandra yang jual kemasan kecil shampoo 7o mL dan facial foam 40gr — gue ngeluarin uang 20ribu sajhaa — akhirnya gue bisa beli yogurt nata de coco di toko roti. Lumayan buat sarapan besok pagi. Gue kan biasanya minum susu kalo tiba-tiba pusing. Susu buat netralisir racun. seinget gue di pesawat gue ga makan apa apa. di bandung, gue makan nasi kuning. trus, barusan makan nasi uduk.

sambil jalan, gue malah nemu toko oleh-oleh — ga punya duit — dalem hati, gue bawain beberapa aja. buat temen PKIT, satu bungkus. buat temen administrasi, satu bungkus. temen PKIT, yang gue curhatin aja dehh heheh. sambil mikir buat besok (itu foto gue upload relay atau gimana ya?) gue udah nyampe Lampung nihhh, sambil mikirin budget mepet. Niat gue silaturahmi, yasuuud, upload foto aja, oleh-olehnya.

Gue dateng pagi dan hadir di akad Mutia yang jam 8. Alhamdulillah gue dijemput sama temennya Taksi Bandara kemaren. Kepala gue udah fresh. sudah sarapan juga sambil nunggu dijemput. Sambutan keluarganya Mutia hangat. Gue ngerasa ditengah tengah sodara sendiri di tengah keluarganya Mutia yang Padang juga, alhamdulillah. gue minta jemput supir taksi jam 12. Dan setelah itu cara hotel baru. Kalo bisa gue mau hunting foto sunset. [Masih niat]. ujung ujungnya, gue was was sama supir taksinya, gue kan ga berani pergi malem sendirian, gelap hahaha.. gue tidur ahhh. al hasil, gue beneran batal hunting foto sunset. gue browsing internet di hotel aja http://anekatempatwisata.com/10-tempat-wisata-di-lampung-yang-wajib-dikunjungi/. Sambil makan malem, gue diajakin supir ngeliat city light di Lampung plus cerita mengenai studi Etnografi budaya Lampung yang gue mau tau. Gitu dehh.. daerah Transmigran ini benar-benar berhasil. ‘Inna inna’ yang kemarin malem gue temuin bener. seperti dugaan gue. Lalu, di sini ada konflik putra derah sama etnis Bali. Mereka sampe bakar bakaran kampung juga. NGERI. warga sini aslinya ‘bagak‘, dan tipikal Sumatra yang bisa satu keahlian saja sudah take-ownership sama egonya. Jadi, kalo bisa jadi pekerja yaa sukses. Sumberdaya di sini melimpah — pasir bangunan bagus, hasil kebun (pisang, duren) melimpah. Ditambah pesisir pantai yang bisa terima cruisin internasional. Widihhh~ mirip Bali. skill dan edukasinya harus diasah ini.. biar kalo koordinasi ga salah tangkep, seadainya edukasinya masih rendah, komunikasinya syuse. gue diajakin makan seafood — Rasa hotel bintang lima tapi dijual di kaki lima — mantabh!

supir gue hebat nihh — gue dicariin POP hotel yang gue banget. anak muda. Edukasi sign system di sini udah canggih. Jakarta ga kalah. POP hotel termasuk tipe hotel amaris. SUKAAA.

Besok paginya, gue pergi dari jam setengah 9 keliling keliling. Pesawat gue 11:45. Gue pergi ke Bukit yang banyak pasirnya — mau balik ke Bandung, hujan lagi. Pulang Pergi gue dianter hujan.. seger ^_^ di pesawat, gue ketemu Dosen UNILA yang paaas banget untuk urusan wisata bahari. Alhamdulillah. beliau ada rapat sama UNDP di Bandung. riset Etnografi gue juga dibold sama beliau. sukses gue jadi turis ransel.

Leave a Reply

